bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Pengertian dan Contoh Essay yang Sayang Dilewatkan

3 min read

contoh essay

Salah satu manfaat mengetahui contoh essay adalah memudahkan untuk menyusunnya jika nantinya membutuhkannya. Perlu dipahami bahwa penulisannya tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena berkaitan dengan kualitas isinya.

Ada beberapa unsur yang perlu Anda penuhi saat membuat sebuah essay. Jenis esai sendiri bisa dibilang sangat beragam misalnya saja berkaitan dengan karya ilmiah. Masyarakat pada umumnya membuat dengan beragam maksud termasuk ketika mengajukan beasiswa pendidikan.

Sebenarnya Apa Itu Essay?

Essay adalah sebuah tulisan pendek yang berkaitan dengan subyek tertentu. Biasanya penulisannya dilakukan oleh siswa atau mahasiswa baik untuk memenuhi tugas ataupun pengajuan beasiswa.

Tidak jarang juga essay diperlombakan pada banyak jenjang pendidikan formal dari dasar hingga kuliah. Perlu diperhatikan, penyusunannya membutuhkan sumber valid agar informasi yang diberikan tidak memunculkan kesalahpahaman ataupun sulit dimengerti maksudnya.

Essay dibagi menjadi beberapa jenis dan yang paling sering digunakan adalah essay ilmiah. Penjelasan di dalamnya bisa berupa kondisi perekonomian saat ini, akibat pemanasan global, ataupun sampah plastik yang menggunung.

Saat akan menyusun essay, Anda perlu memperhatikan struktur penulisannya yang akan dijelaskan pada ulasan berikut:

1. Pendahuluan     

Poin ini bisa disebut sebagai pengantar atau permulaan sebuah tulisan yang akan memberikan gambaran bagaimana pembahasan dari essay tersebut. Penyusunannya silahkan menyesuaikan dengan prosedur khususnya.

Pastikan untuk menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh target audience nya. Jangan sampai terlalu berbelit atau malah kebanyakan pengulangan kata dalam satu paragraf karena akan membuat pembaca seringkali kesulitan untuk memahami poin utamanya.

Pada pendahuluan ini, penulis juga bisa menambahkan pendapatnya terkait topik yang akan dibahas secara umum. Sementara untuk bagian penjelasan secara mendetailnya dilanjutkan pada bagian pembahasan.

2. Pembahasan

Di atas telah disinggung sedikit mengenai pembahasan, intinya pembahasan merupakan inti dari sebuah essay. Mengapa bisa demikian? Penyebabnya adalah memuat penjelasan dari topik utama yang dibuat rinci agar bisa dimengerti dengan mudah oleh pembaca.

Isi dari pembahasan harus nyambung dengan pembukaan, jangan sampai topiknya berlainan sangat signifikan. Sebenarnya bisa menyinggung topik terkait, namun fokusnya tetap pada topik utama yang menjadi pokok pembahasan.

Poin yang bisa ditulis pada pembahasan adalah analisis sekaligus interpretasi penulis terhadap topik yang sedang diulas. Pastikan jangan sampai menyebrang terlalu jauh untuk meminimalisir sulitnya dipahami.

3. Penutup

Anda bisa memasukkan rangkuman pada bagian penutup ini dengan penggambaran singkat namun dapat dipahami secara mudah.

Umumnya penutup dibuat singkat dan tidak boleh lebih panjang dari pokok pembahasannya. Terdapat aturan khusus penulisan rangkuman untuk membuatnya semakin mudah dipahami oleh pembaca.

Seringkali di bagian penutup juga diberikan pandangan penulis pribadi yang memperkuat argumen dari penjelasan sebelumya. Meskipun begitu, sebuah essay tetap difokuskan pada pokok pembahasan sehingga pada penutup ini dibuat sesingkat mungkin.

Cara Menulis Essay dengan Mudah

Sebelum berlanjut ke contoh essay hal yang perlu Anda pahami adalah bagaimana tata cara penyusunannya. Dengan mengetahui pembasahan ini diharapkan proses penyusunan selanjutnya bisa lebih mudah. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tentukan Topik yang Ingin Dibahas

Hal pertama yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menentukan topik yang akan dibahas. Saat akan menentukannya, silahkan untuk melakukan riset terlebih dahulu, kemudian sesuaikan kesanggupan.

Pastikan topik yang ingin Anda bahas memiliki banyak sumber kredibel dan dapat dipercaya. Jangan sampai karena minimnya sumber malah membuat penulis sembarangan saat menyusun setiap penjelasannya.

2. Lakukan Riset Mendalam

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting dari sebelumnya adalah melakukan riset mendalam. Cari pembahasan dari berbagai literatur seperti jurnal, buku, ataupun poin-poin penting hasil dari wawancara dengan ahlinya.

Sebelum memilih literatur yang nantinya ingin dijadikan sebagai sumber pembahasan adalah sesuai dengan topik pembahasan. Sebab meski tema besarnya sama bukan berarti inti pembahasan bisa mengarah pada poin utama essay.

Hal yang perlu Anda lakukan ketika menjalankan riset adalah mencatat poin-poin penting yang didapatkan. Nantinya catatn tersebut bisa dikembangkan untuk membuat paragraf pembahasan yang runtut dari awal hingga akhir.

3. Buat Draf

Pembuatan draf dimaksudkan agar penulis dapat dengan mudah membangun logika berpikir untuk menghasilkan pemikiran cemerlang berdasarkan sumber yang telah didapatkan.

Manfaat penting yang akan Anda dapatkan saat melakukan penyusunan draft yakni memberikan kemudahan untuk membuat kerangka esai sesuai ketentuan. Apa saja jenisnya? Penjelasan lengkapnya yakni sebagai berikut:

  • Penyusunan struktur esai harus mempertimbangkan tingkat kelogisannya, meskipun pada kenyataan mitos-mitos di masyarakat juga memiliki peran penting. Namun pada esai perlu melakukan kajian ulang dari berbagai referensi agar kevalidannya tinggi.
  • Tuliskan pendapat dari sumber-sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.
  • Susun isi pokok pembahasan pada esai yang ingin Anda kupas lebih dalam.
  • Tambahkan data-data pendukung tulisan yang Anda buat.
  • Tata pembahasan yang Anda sampaikan secara rinci serta sesuai dengan struktur.

4. Tulis Essay Sesuai Struktur

Penjelasan mengenai struktur pada esai telah dibahas pada poin di atas yakni berupa pembuka, pembahasan, dan penutup yang diletakkan di bagian akhir essay. Penyusunan dari esai sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan jika ingin meminimalisir sulitnya untuk dipahami, sehingga isi pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Setiap esai harus memiliki unsur-unsur yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan keruntutan hasil pembahasannya sehingga semakin mudah untuk dipahami target pembaca.

5. Silahkan Lakukan Koreksi dan Editing

Typo sering dialami baik ketika menulis menggunakan tangan ataupun PC/laptop. sebagai langkah untuk meminimalisir kesalahan, maka perlu melakukan koreksi lebih lanjut dengan membacanya ulang.

Apabila ingin memperbaiki typo ketika menulis di PC/laptop, maka bisa memanfaatkan platform online yang dapat diakses secara gratis tanpa perlu khawatir harus menjadi pelanggan prabayar terlebih dahulu.

Begini Contoh Essay Tema Pendidikan

Perjuangan Menggapai Cita-cita

Saya terlahir dari keluarga kurang berada, bahkan bisa sekolah di usia ini merasa begitu itu adalah sebuah keajaiban. Berkat kesempatan ini, saya berhasil meraih cita-cita yakni belajar di Universitas ternama jurusan kedokteran.

Peran penting pemuda di masa sekarang memang begitu signifikan. Harapannya adalah supaya nantinya dapat berguna untuk nusa, bangsa, sekaligus agama. Oleh karenanya perlu bertanggung jawab atas cita-cita yang telah disusun.

Ha; pertama yang perlu dilakukan adalah terus memperjuangkan cita-cita meskipun akan dihalangi oleh berbagai ujian dan rintangan. Faktanya, kini kemajuan teknologi memiliki dua mata pisau, mengapa demikian? Sebab bisa dimanfaatkan untuk hal positif, namun sebaliknya juga bisa berimbas pada hal negatif jika salah dalam pemanfaatannya.

Penyusunan contoh essay dilakukan dengan mempertimbangkan unsur-unsur yang harus ada pada sebuah karya tulis tersebut. Mulai dari awal hingga akhir perlu ditulis secara runtut dengan bahasa sesuai KBBI. Poin pentingnya, pastikan isi pesan di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik tanpa menimbulkan kesalahan pemaknaan ataupun hal buruk lainnya. 

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!