bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Cara Membuat Aplikasi TV Online Dengan Appcreator24

4 min read

Jenis aplikasi android

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas secara singkat tentang cara membuat aplikasi android dengan mudah tanpa koding menggunakan appcreator. Nah, pada kesempatan ini saya akan coba menggunakan salah satu fitur dari appcreator ini, yaitu membuat aplikasi android TV Online atau Video Player.

Lihat juga: Cara Daftar dan Membuat Aplikasi Tanpa Koding Dengan Appcreator24

Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus anda siapkan ketika ingin membuat sebuah aplikasi android apapun itu, termasuk membuat aplikasi TV Online ini.

  1. Logo

Salah satu hal yang wajib anda siapkan tentunya adalah sebuah logo berukuran 512 x 512 piksel. Anda bisa menggunakan aplikasi foto editor semacam photoshop, coreldraw, atau apapun itu untuk membuat sebuah logo. Namun, apabila anda belum terbiasa dengan software tersebut anda bisa mencari di google dengan kata kunci “logo maker online”.

Yang pasti logo yang nantinya anda buat harus sesuai dengan tema aplikasi anda, disini kita akan membuat sebuah aplikasi TV Online, maka anda harus membuat logo yang ada gambar tv nya, atau sederhananya ada teks yang bertuliskan TV.

Jika anda punya bakat menggambar menggunakan software, buatlah logo semenarik mungkin, karena salah satu faktor orang memilih aplikasi anda adalah logo yang menarik, kalo asal-asalan orang pasti malas untuk memilik aplikasi anda meskipun isi aplikasi anda bagus.

CATATAN: Jangan coba coba untuk menggunakan logo aplikasi orang lain yang ada di google play atau meniru aplikasi-aplikasi populer lainnya, karena bisa melanggar hak cipta dan ditolak google ketika anda memutuskan bergabung menjadi developer android di google play.

  1. Nama Paket Aplikasi (Package Name)

Bagi anda yang belum pernah membuat sebuah aplikasi android sebelumnya pasti istilah “Package Name” terasa asing dipikiran anda. Jadi aplikasi android yang anda buat harus memiliki nama paket, dan ini harus anda buat seunik mungkin. Jangan sampai nama paket aplikasi anda sama dengan aplikasi lain, karena jika aplikasi anda hendak di upload ke Google Play maka aplikasi anda otomatis akan tertolak.

Sebagai contoh liihat gambar dibawah ini, yang saya beri lingkaran merah itu adalah package name dari aplikasi Facebook. Begitupun dengan aplikasi populer lainnya di Google Play seperti Whatsapp, Messenger, Imo, dll. Semuanya memiliki package name sendiri-sendiri.

android package name

  1. Link TV (IPTV)

Untuk yang satu ini adalah syarat utama untuk membuat aplikasi TV Online saja, sedangkan untuk aplikasi lainnya anda bisa mengabaikan yang nomor 3 ini. Sebagai informasi bagi anda yang memang masih awam dengan TV online, setiap channel televisi yang sudah bisa di tonton secara online pasti memiliki sebuah link layaknya youtube.

Jadi setiap stasiun tv memiliki link yang berbeda beda dan harus anda cek secara berkala, hal ini karena terkadang link tersebut mati karena sudah dirubah oleh pemiliknya. Lalu dimana kita bisa mencari link IPTV tersebut?

Biasanya saya mencari link TV Online melalui situs Pastebin.com, kemudian setelah masuk ke website tersebut ketik pada kolom pencarian salah satu channel tv indonesia, saya ambil contoh “sctv”. Maka akan keluar beberapa pilihan yang mengandung kata kunci “sctv” tersebut.

mencari link iptv

Selanjutnya anda bisa memilih satu persatu menu tersebut, carilah yang banyak link ip tv nya seperti dibawah ini.

link iptv indonesia terbaru

Proses Membuat Aplikasi TV Online

Jika semua hal yang dibutuhkan diatas sudah anda siapkan, selanjutnya kita langsung saja membuat aplikasi nya.

  • Login ke appcreator24.com
  • Klik tombol hijau bertuliskan Create App

Membuat Aplikasi Android

  • Lalu anda isi detail aplikasi anda seperti nama aplikasi, icon, bahasa, dan deskripsi. Untuk icon apabila anda belum punya anda bisa menggunakan icon yang sudah disediakan pihak appcreator. Untuk bahasa biarkan default saja yaitu English.

Membuat Aplikasi TV Online

  • Setelah selesai mengisi form, silahkan klik Next
  • Di halaman berikutnya anda harus memilih style / warna aplikasi anda. Silahkan pilih apapun yang anda suka, kemudian klik Next.

Memilih Warna Aplikasi

  • Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman yang berisi jenis aplikasi yang akan dibuat, disini saya pilih TV or Video App.

Jenis aplikasi android

  • Lalu anda akan diarahkan ke halaman dimana anda harus memasukan salah satu channel tv beserta link iptv nya. Lalu klik Next.

Aplikasi TV Online Indonesia

  • Dibagian terakhir anda langsung pilih No saja lalu klik Next, selanjutnya anda klik lagi Go to app manager.

Bagian terakhir

Merubah Nama Aplikasi, Icon, Package Name, dan Versi Aplikasi

Untuk merubah nama aplikasi termasuk ikon, nama paket, dan juga versi dari aplikasi ketika anda update, anda bisa masuk ke menu General Info, lalu klik pada menu Name and Icon. Disana anda akan melihat beberapa kolom yang memungkinkan anda untuk merubah aplikasi anda.

Apabila anda hendak memperbaharui aplikasi anda yang sudah tayang di halaman google play anda bisa menaikan versi dari aplikasi anda. Misal ketika awal rilis anda memberi versi aplikasi anda 1.0.0, maka versi nya harus diatas angka tersebut misal 1.1.0 atau 2.0.0. Namun, apabila aplikasi anda tidak di publish ke halaman google play, saran saya biarkan saja untuk versi aplikasi jangan di utak atik lagi.

Hal menarik dari appcreator24 ini adalah ketika anda merubah ikon aplikasi atau tampilan dari aplikasi anda, maka secara otomatis akan berubah juga di semua pengguna aplikasi anda tanpa perlu memberitahukan ada pembaharuan.

Merubah Desain Aplikasi

Disini pihak appcreator sudah menyiapkan setidaknya ada 4 tipe menu yang bisa anda terapkan untuk aplikasi yang akan anda buat. Anda bisa merubah tampilan aplikasi anda kapanpun juga. Selain itu anda juga bisa merubah warna dari aplikasi anda, ada 12 kombinasi warna yang sudah di sediakan appcreator untuk memudahkan penggunanya dalam menghias aplikasi. Namun appcreator juga menyediakan menu custom agar pengguna bisa menggunakan warna yang mereka sukai.

Selain tipe menu dan warna, anda juga bisa merubah jenis font agar tulisan di aplikasi lebih bagus dan unik. Lalu merubah main icon, top bar icons, dan juga loading image.

Menambah Channel TV

Ini adalah bagian penting ketika membuat aplikasi TV Streaming, dimana kita harus menambahkan daftar channel kedalam aplikasi yang anda buat. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Cari menu yang bertuliskan Sections
  • Kemudian anda klik tombol Create Section
  • Akan muncul banyak fitur aplikasi, lalu anda pilih Video
  • Setelah itu anda akan di arahkan ke halaman Video Section, dimana anda harus memasukan nama channel dan link tv yang sudah anda siapkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

membuat aplikasi tv streaming

  • Anda juga bisa menambahkan logo untuk setiap channel dengan mengklik Advanced Settings, lalu menuju ke Menu icon.

Menambahkan Iklan Untuk Mendapatkan Penghasilan

Bisa mendapatkan tambahan uang dari aplikasi adalah hal sangat menyenangkan, selain hobi kita juga dibayar kan mantap ya. Pihak appcreator sudah menyediakan setidaknya ada 4 penyedia iklan diantaranya:

  • Admob
  • Startapp
  • Facebook Audience Network
  • Appnext

Hal yang harus anda perhatikan adalah untuk bisa bergabung dengan Admob dan Facebook Audince Network syaratnya aplikasi anda harus tayang di halaman Google Play Store, sementara untuk Appnext dan Startapp meskipun aplikasi anda tidak di publish ke google play tapi anda masih punya kesempatan untuk mendapatkan uang dari ke dua ad network ini.

Saya sendiri masih menggunakan Appnext setelah aplikasi saya di banned oleh google di halaman market store mereka. Dan masih bisa mendapatkan bayaran meskipun hanya $20-$40 dalam sebulan, bisa lah buat nambah untuk bayar tagihan internet.

Yang bikin senang itu anda bisa memasukan kode iklan dan juga menggantinya kapan saja, jadi tidak perlu harus mengupdate aplikasi lagi. Satu hal lagi yang harus anda tahu, anda bisa memasukan semua kode iklan dari ke empat penyedia iklan tadi secara bersamaan, nantinya iklan anda akan tampil acak oleh sistem appcreator ini.

Dengan begitu apabila aplikasi yang anda buat banyak penggunanya, ada kemungkinan sebulan anda bisa gajihan 4x. Wow banget deh!.

Penutup

Mungkin saya cukupkan dulu untuk artikel Cara Membuat Aplikas TV Online di Appcreator24, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Mohon maaf apabila cara penyampaian nya masih sulit dipahami.

Terima Kasih

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!