Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Koding, Mudah, dan Cepat

Bagi anda yang belum pernah membuat aplikasi berbasis android mungkin hal pertama yang anda bayangkan adalah harus bisa bahasa pemrograman atau lebih dikenal dengan istilah koding. Hal itu juga pernah saya pikirkan ketika pertama kali ingin belajar membuat aplikasi android.

Namun setelah beberapa tahun berkecimpung di perguruan android, akhirnya saya menemukan beberapa cara cepat membuat aplikasi android tanpa koding dan juga bisa menghasilkan uang tentunya. Kebetulan informasi ini saya dapat juga dari teman yang sesama pembuat aplikasi android.

Ada beberapa website pembuat aplikasi android yang bisa anda temukan di Internet, namun dari yang sudah saya coba hanya ada 2 website yang dirasa mudah pengerjaannya dan juga banyak pilihan iklannya yang bisa kita dapat penghasilan dari sana.

  1. Appcreator
  2. Andromo

Akan tetapi yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah Appcreator. Karena website pembuat aplikasi ini gratis dan banyak fitur nya juga. Sedangkan andromo memang fiturnya lebih lengkap namun anda harus mengeluarkan biaya sekitar $8/bln untuk harga termurahnya.

Jadi, situs pembuat aplikasi ini sangat saya rekomendasikan bagi anda yang ingin memulai membuat aplikasi android dengan mudah, cepat, dan gratis. Oke kita langsung aja ke pembahasannya.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Appcreator

Apa itu Appcreator?

Nama sebenarnya adalah AppCreator24, adalah sebuah website yang memudahkan anda untuk membuat aplikasi android untuk smartphone dan juga tablet. Jadi dengan adanya website ini anda bisa membuat banyak aplikasi android tanpa harus koding dan juga mengeluarkan biaya, alias gratis.

Nama perusahaan pemiliki AppCreator ini adalah Vinebre Software, S.L. yang berlokasi di Vinebre (Tarragonoa) Spanyol.

Cara Daftar Appcreator24

Untuk daftar ke appcreator caranya sangat mudah, silahkan anda ikuti langkahnya berikut ini.

  • Buka browser anda, lalu klik https://www.appcreator24.com
  • Setelah website nya terbuka lalu anda klik tombol bertuliskan SIGN UP
  • Lalu akan muncul sebuah form yang harus anda isi, seperti Nama, Negara, Email, dan Password. (silahkan lihat gambar dibawah ini)
  • cara daftar appcreator
  • Apabila pendaftaran berhasil anda akan melihat pesan bertuliskan “Please, confirm your sign up from the message that we have sent to your email.”.
  • Selanjutnya anda silahkan buka email anda, lalu anda cari pesan masuk dari pihak appcreator, terus anda klik link konfirmasi nya agar akun anda di aktifkan.
  • Selesai.

Perbedaan Appcreator dan Kompetitor lainnya

Kesan pertama saya ketika mencoba website ini untuk membuat aplikasi android di appcreator ini adalah “GILAAAA”. Selain gratis, fitur-fitur keren yang tidak saya dapatkan di website lain adalah kita bisa membuat nama paket android kita sendiri (custom package name), bagi pemula mungking terdengar asing, tapi bagi anda yang sudah biasa membuat aplikasi android dan menguploadnya ke Google Play fitur ini sangat penting.

Kalo di Andromo, anda harus rela merogoh kocek sebesar $28/bln untuk bisa mendapatkan fitur ini, sedangkan di appcreator sendiri GRATIS BOS!. Selain itu waktu build aplikasi android hingga menjadi file .apk yang siap di upload ke Google Play Store terbilang sangat cepat, dimana kurang dari 2 menit aplikasi anda sudah jadi.

Kelebihan Appcreator

  1. Bisa kostum nama paket, contoh (com.resepmama.resepdagingayam).
  2. Tidak ada batasan aplikasi yang bisa anda buat, jadi sepuasnya anda saja.
  3. Pembagian iklan yang besar (80% untuk anda, 20% untuk appcreator).
  4. Proses pembuatan aplikasi hingga jadi format .apk sangat cepat.
  5. Terdapat banyak slot iklan (Admob, Facebook, Appnex, dan Startapp)
  6. Real time update, jadi anda tidak harus terus menggenerate aplikasi lagi ketika ada perbaikan. Kecuali anda ingin mengganti nama aplikasi dan juga ikon nya.

Fitur Appcreator

  1. Webview

Ini adalah fitur dimana anda bisa merubah website anda menjadi sebuah aplikasi android. Atau apabila anda mempunyai toko online di bukalapak, tokopedia, shopee, anda bisa mengkonversi lapak anda menjadi sebuah aplikasi android.

Jadi daripada anda menggunakan Jasa Pembuatan Aplikasi Android, saya pikir dengan menggunakan appcreator anda bisa menghemat uang anda.

  1. HTML

Fitur ini bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi cerita, tutorial, buku, dll. Dimana anda bisa menyisipkan gambar, video, link, audio, nomor hp, dll menjadi satu buah halaman yang lengkap.

  1. Gallery

Sesuai dengan namanya, fitur ini biasa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis gambar seperti wallpaper atau foto2 kenangan anda sendiri.

  1. Audio

Fitur ini memungkinkan anda membuat sebuah aplikasi yang bertema musik, seperti ringtone, alarm, notifkasi, pemutar musik, dll. Namun disini anda hanya bisa memasukan link dari audio nya saja, jadi tidak ada pilihan untuk mengupload file audio nya langsung.

  1. Video

Nah, ini adalah salah satu fitur favorit saya. Karena disini saya suka membuat aplikasi2 berbasis video seperti TV, Video Tuorial, dll. Jadi bagi anda yang ingin membuat aplikasi berbasis video, anda bisa menggunakan fitur ini. Anda bisa mengambil video dari berbagai sumber di internet, contohnya YouTube.

  1. Product

Fitur ini cocok bagi anda yang mungkin mempunyai produk untuk dijual, mungkin lebih kerennya aplikasi toko online.

  1. Chat

Fitur ini biasa saya gabungkan dengan menu lainnya diatas. Karena fitur chat ini sangat membantu mengidupkan sebuah aplikasi, jadi para pengguna bisa saling berinteraksi satu sama lain.

  1. RSS

Untuk fitur ini bagi anda yang mengerti tentang website, bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi berita dengan cara mengambil RSS website bola, namun tentunya harus seijin yang punya nya.

  1. Quiz

Fitur ini belum pernah saya coba, yang saya lihat anda bisa membuat sebuah aplikasi berbasis kuis dengan mudah dan cepat.

  1. Forum

Namanya forum pasti sebuah komunitas, dimana pengguna harus membuat nama untuk bisa berinteraksi satu sama lainnya.

Mendapatkan Uang Dari Appcreator

Ada 4 penyedia layanan iklan yang tersedia di halaman AppCreator24, yaitu admob dari Google, Facebook Audience Network, Startapp, dan Appnext. Jadi apabila anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari aplikasi yang anda buat, anda bisa mendaftar ke 4 platform yang saya sebutkan diatas. Gratis kok!

Anda hanya perlu menyiapkan data diri saja yang jelas sesuai dengan KTP, karena akan digunakan untuk menerima pembayaran nantinya. Untuk cara mendaftarnya nanti akan saya buatkan artikelnya secara terpisah. Namun saya sarankan sebelum anda berpikir tentang uang, ada baiknya anda pikirkan bagaimana aplikasi anda rame penggunanya.

Karena ketika aplikasi anda tidak ada yang menggunakan maka kemungkinan anda mendapatkan uang juga kecil. Terkecuali anda membuat aplikasi untuk kepentingan promosi produk anda sendiri.

Cara Membuat Aplikasi di Appcreator

Untuk cara membuat aplikasi di appcreator tentunya berbeda tergantung fitur apa yang anda inginkan. Jadi saya akan membuat artikel khusus tentang Tutorial Membuat Aplikasi Dengan Appcreator ini. Jadi anda tunggu saja jam tayangnya! HEHE.

Kesimpulan

Appcreator adalah salah satu tempat terbaik untuk membuat aplikasi android dengan mudah, cepat, tanpa koding. Sudah ribuah aplikasi yang ada di halaman Google Play yang menggunakan jasa website ini. Sudah banyak orang yang menghasilkan banyak uang dari aplikasi yang dibuat dengan appcreator ini.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

error: Content is protected !!