bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Mengembalikan TP Link Archer C60 v3.0 Dari Openwrt Ke Stock Firmware

3 min read

halaman login archer c60

Halo sobat, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya ketika ingin merubah kembali firmware TP Link Archer C60 dari Openwrt ke firmware asli TP Link. Setelah lebih dari satu bulan saya belum berhasil juga menemukan cara kembali ke stock firmware C60 ini, akhirnya saya menemukan cara yang saya dapat dari forum openwrt.

cara flash tp link archer c60 dari openwrt ke stock

Sebelum kita mulai, saya ingin sedikit cerita kenapa saya membeli router archer c60 ini. Sejak saya pasang wms telkom dirumah, saya sudah menggunakan modem tp link yang sudah di modif menjadi ddwrt agar bisa menembak seamles@wifi.id. Namun, tetap saja speed yang saya dapatkan tidak bisa lebih dari 20mbps.

Setelah browsing kesana kemari, saya dapat informasi kalau harus coba menggunakan router yang mendukung dual band, yaitu 2.4ghz dan 5ghz. Karena katanya apabila menembak melalui jaringan 5ghz, speed yang akan kita dapatkan bisa lebih bagus. Nah, akhirnya saya putuskan untuk mencari router baru di Shopee, ketemulah TP-Link Archer C60 ini.

Karena kondisi keuangan sedang tidak bagus, jadi saya membeli Archer C60 ini secara kredit menggunakan shopee paylater selama 3 bulan. Jujur shopee paylater ini sangat membantu disaat keuangan sedang down.

Setelah TP Link Archer C60 ini datang, saya langsung coba colok ke pc dan melakukan setting. Namun, karena user interface nya terasa berbeda dengan tp link yang sudah saya gunakan sebelumnya, saya masih kebingungan bagaimana cara menembak wifi. Jadi tidak ada settingan untuk wisp, maupun wifi extender. Jadi boleh dibilang TP-Link AC60 ini produk salah beli yang saya lakukan. Wkwk!

Sempat pengen dijual lagi nih barang, akhirnya saya coba cari agar bisa digunakan untuk menembak seamless maupun wifi id. Karena sudah terbiasa dengan DDWRT, saya coba browsing di website nya apakah Archer C60 ini sudah mendukung DDWRT, rupanya masih belum tersedia.

Selanjutnya saya coba cari info lagi, dan ada informasi kalau router C60 ini bisa menggunakan firmware OpenWRT. Rupanya gampang cara install openwrt ke archer c60 ini, saya coba install wpad, konfigurasi wifi, dll. Akhirnya bisa juga menggunakan openwrt ini untuk menembak seamless.

Namun, karena saya balik menggunakan indihome lagi karena wms sering bermasalah. Saya memutuskan untuk mengembalikan firmware tp link archer c60 ini dari openwrt ke firmware bawaan tp link. Disini saya menggunakan aplikasi TFTP server untuk flash tp link archer c60 ini, namun selalu saja gagal.

Oya, sebagai informasi untuk kalian semua, tp link archer c60 yang saya gunakan ini v3.0 dengan kode negara US. Karena saya baca-baca di forum luar juga ada versi EU nya, jadi firmware yang digunakan juga berbeda.

Bahan Untuk Flash Firmware TP Link Archer C60 v3.0:

  • PC atau Laptop
  • Kabel LAN
  • Firmware TP Link Archer C60 v3.0
  • Device Archer C60
  • Software TFTP Server

Untuk firmware nya sendiri bukan yang anda download langsung melalui website tp link, melainkan yang sudah di modifikasi. Firmware ini sudah saya dapatkan di forum openwrt, nanti link download nya akan saya share dibawah.

Sekarang mari kita lanjut untuk melakukan flashing tp link archer c60 ya, silahkan kalian ikuti instruksi nya dibawah ini:

1.Download software TFTP Server : Download Disini

Silahkan anda download dan install terlebih dahulu software TFTP Server, untuk proses instalasi nya cukup anda klik next aja sampai finish.

2. Download firmware TP Link Archer C60v3 : Download US  |  Download EU

Selanjutnya anda download juga firmware yang sudah dimodifikasi ini, sesuaikan dengan kode negara yang digunakan router TP Link Archer C60 anda.

Penting : firmware ini khusus untuk archer c60 v3.0, dan khusus bagi anda yang router nya menggunakan openwrt dan ingin kembali ke firmware bawaan pabrik. Jadi untuk archer c60 v1 maupuan v2 tentu saja tidak cocok dengan firmware ini.

3. Rename dan Pindahkan Firmware

Firmware yang sudah anda download tadi wajib anda ganti namanya menjadi “tp_recovery.bin”, jadi file yang anda download nantinya berformat .zip, anda extract dulu filenya. Nanti ada file yang berformat .bin yang harus di rename dulu, kemudian file tersebut anda pindahkan ke folder TFTP yang sudah anda install ke PC atau Laptop anda.

Pindahkan file “tp_recovery.bin” ke folder TFTP server, biasanya di folder “C:\Program Files\Tftpd64”.

4. Siapkan TP Link Archer C60

Langkah berikutnya adalah anda colokan router c60 anda ke listrik dan pc/laptop menggunakan kabel lan. Posisikan kabel lan di ethernet 1 ya, karena pada saat saya melakukan flashing lan ada di ethernet 1, tidak tahu juga kalau di ethernet 2,3 dan 4.

Pastikan router dalam keadaan mati sebelum melakukan flashing, apabila router masih menyala silahkan anda tekan tombol power yang ada di belakang router 1x saja hingga lampu indikator mati.

5. Rubah IP Address

Anda juga perlu mengganti ip anda terlebih dahulu sebelum kita mulai proses flashing Archer C60 nya. Silahkan masuk ke menu control panel > network connection. Selanjutnya anda klik kanan pada bagian Ethernet > Properties > Internet Protocol version. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini, silahkan isi ip sesuai gambar, lalu pilih OK.

ganti ip address

6. Proses Flashing

Sekarang kita lanjut ke bagian inti, yaitu proses flashing nya. Pastikan router dalam keadaan mati ya, namun adaptor dicolok listrik.

  • Buka software TFTP

software tftp

  • Tusuk dan tahan lubang reset selama beberapa detik lalu tekan tombol power untuk menyalakan router nya. (tombol reset masih tetap di tekan)

cara flash archer c60 v3

  • Apabila berhasil anda akan lihat proses sedang berlangsung di software TFTP tadi, lalu lepas tombol reset nya.
  • Tunggu hingga lampu indikator nyala semua tanda proses flashing berhasil
  • Silahkan aktifkan juga wifi di smartphone anda untuk memantau kalau wifi pada tp link archer c60 anda sudah kembali aktif
  • Setelah yakin tp link ac60 sudah aktif, selanjutnya anda bisa merubah kembali settingan ip menjadi Obtain an IP address automatically, lalu OK.
  • Coba buka browser anda dan masukan ip 192.168.0.1
  • Apabila berhasil anda akan melihat kembali halaman login seperti dibawah ini

halaman login archer c60

Namun, apabila proses flashing tadi gagal, anda tidak bisa mengakses 192.168.0.1. Biasanya anda tetap menggunakan firmware openwrt. Selama 1 bulan ini saya sudah melakukan beberapa kali percobaan dan gagal. Alhamdulillah ada yang berbagi firmware yang sudah dia modifkasi, dan akhirnya saya bisa kembali menggunakan firmware bawaan dari TP Link Archer C60 ini.

Demikian lah sedikit cerita saya tentang bagaimana cara mengembalikan firmware tp link archer c60v3 dari openwrt ke stock rom tp link. Artikel ini sengaja saya buat untuk saya sendiri siapa tahu suatu saat mengalami masalah yang sama. Apabila artikel ini juga membantu kalian semua ya syukur alhamdulillah.

Apabila ada yang ingin anda tanyakan silahkan komentar dibawah ini.

  • Source: https://forum.openwrt.org/t/help-in-unbricking-tp-link-archer-c60-v3/62642/24
  • Special Thanks to : adrianschmutzler
bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!