bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Ini Rupanya Kelemahan WMS Telkom Yang Harus Anda Ketahui

3 min read

kelemahan wms telkom

Baru 3 minggu ini saya menggunakan layanan wms dari telkom indihome, dan ada beberapa hal yang ingin saya share dengan teman-teman semua tentang kelemahan yang saya rasakan dari wms wifi.id ini. Mudah-mudahan apa yang saya tulis pada artikel ini bisa menjadi pertimbangan ketika anda ingin mendaftar wms telkom atau sedang bingung tentang pilihan antara indihome atau wms.

Kenapa saya pindah dari Indihome ke WMS Telkom?

Sebelum kita bahas tentang kelemahan wms telkom ini saya ingin memberikan penjelasan kenapa saya pindah ke wms setelah beberapa tahun menggunakan indihome. Hal yang paling utama adalah faktor keuangan yang sedang turun, jadi saya butuh koneksi internet yang tidak terlalu mahal, karena biaya per bulan Indihome saya mencapai 550rb. Yang kedua alasan saya pilih wms telkom adalah karena tidak adanya fup atau penurunan speed berapapun pemakaian internet saya setiap bulannya.

Artikel Menarik:

Kelemahan WMS Telkom

Login Yang Ribet

Wms menggunakan tipe login yang berbeda dengan jaringan wifi indihome, dimana ketika menggunakan indihome anda cukup memasukan password langsung dari ponsel. Sedangkan untuk wms sendiri meskipun jaringannya terbuka tapi anda harus memasukan password pada halam login web nya. 

Selain itu jika menggunakan indihome ketika anda sudah terhubung dengan wifi di tempat anda, maka tidak perlu lagi memasukan password setiap kali ingin menggunakan wifi tersebut, kecuali memang password wifi indihome nya diganti oleh si pemilik. Namun untuk wms wifi.id ini anda harus memasukan password setiap hari, untuk orang awam mungkin agak menjengkelkan.

Adapun untuk si pemilik wms telkom ini apabila ingin mengganti password anda harus login ke halaman customer wms yang diberikan oleh pihak telkom melalui email ketika wms anda sudah di aktifkan. Jadi agak merepotkan apabila si pemilik agak gaptek.

Jelek Untuk Bermain Game Online

Disini saya menggunakan paket wms kecepatan 20 mbps, dan yang saya rasakan ketika bermain game online Mobile Legends sangat sering lag, begitu pula yang dialami saudara saya yang bermain Free Fire dan PUBG Mobile. Mungkin bagi anda yang menggunakan wms juga tidak mengalami lag ketika bermain game online, tapi inilah yang saya rasakan.

Ketika menggunakan indihome jarang sekali mengalami lag ketika bermain game online meskipun yang menggunakan wifi dirumah lebih dari 20 orang. Yang saya rasakan ketika menggunakan indihome adalah PUAS, baik untuk bermain game online, streaming, maupun download.

Jadi bagi anda yang ingin menggunakan internet indihome untuk bermain game saya sarankan jangan memilih WMS Telkom, mending Indihome saja.

Sering RTO (Request Time Out)

Selain ngelag ketika digunakan untuk bermain game online, wms telkom yang saya gunakan ini juga pernah beberapa kali mengalami RTO, tidak bisa terhubung ke internet baik untuk browsing maupun bermain game. Kadang untuk mengatasi hal ini saya mematikan dulu modem / router lalu dinyalakan kembali, barulah internet nyambung lagi.

Harus Beli Voucher

Ketika internet wms telkom anda aktif, biasanya anda akan diberikan 3 buah SSID yang bisa anda pilih ketika ingin terhubung ke jaringan internet. Satu diantaranya adalah SSID Venue kita yang merupakan akun wms anda sendiri, dan 2 lainnya adalah seamless@wifi.id dan @wifi.id yang memiliki kecepatan yang lebih bagus, dimana kecepatan yang anda dapat adalah 1:1. 

Namun untuk dapat menggunakan ke 2 jaringan wifi ini anda diharuskan untuk membeli voucher secara terpisah, anda bisa membelinya dari operator selular, toko online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dll. Atau anda bisa membelinya melalui aplikasi yang bernama Wifi.id GO yang bisa anda download di halaman Google Play Store.

Untuk harga nya sendiri mulai dari 5rb untuk masa aktif 1 hari, atau 50rb untuk dapat digunakan selama 1 bulan, itu untuk harga voucher @wifi.id. Sedangkan untuk voucher seamless@wifi.id bisa anda beli untuk 1 bulan dengan harga 25rb saja, cukup murah cuman cukup ribet apabila hendak digunakan untuk router wifi.

Proses Pemasangan Yang Lama

Ini adalah pengalaman saya sendiri, mungkin di tempat anda untuk pemasangan wms bisa di proses secara cepat. Namun, yang saya alami ketika hendak mendaftar wms adalah lebih dari 1 bulan sejak awal pendaftaran baru ada petugas wms yang datang kerumah untuk pemasangan modem cisco wifi.id.

Dikenakan Deposit

Ya, tidak hanya daftar indihome yang dikenakan deposit, wms juga menerapkan kebijakan yang sama, dimana kita harus melakukan deposit sesuai paket yang digunakan tanpa ppn.Karena disini saya mendaftar wms 20 mbps, maka biaya deposit saya sebesar 329rb saja. Untuk pembayaran deposit nya sendiri bisa anda lakukan melalui alfamart, atm, maupun internet banking.

Kelebihan WMS Telkom

Pernah saya bahas secara singkat tentang kelebihan dari wms telkom pada artikel review wms telkom sebelumnya, yaitu wms ini dipatok dengan harga yang lebih terjangkau yaitu sekitar 365rb/bln untuk kecepatan 20 mbps, sedangkan untuk indihome dengan kecepatan yang sama harga perbulan bisa lebih dari 400rb.

Selain itu wms wifi.id ini tidak dikenakan FUP atau pembatasan kecepatan, jadi anda bisa menggunakan kuota internet anda sepuasnya tanpa perlu khawatir kecepatan anda turun secara drastis. Adapun bagi anda yang suka upload file ke internet seperti upload video ke youtube, ig, maupun facebook anda bisa menggunakan ssid seamless@wifi.id maupu @wifi.id agar kecepatan upload anda kencang.

Pilihan Antara Indihome atau WMS Wifi.ID

Bagi anda yang bingung untuk memilih koneksi internet apakah indihome atau wms saya akan memberikan masukan bagi anda semua. Ini semua kembali kepada anda, untuk keperluan apa anda menggunakan internet.

Pilih Indihome

Jika anda ingin menggunakan internet untuk keperluan browsing, bermain game online, nonton tv berbayar, dan telepon saya sangat merekomendasikan anda untuk memilih indihome. Hal ini karena jaringan indihome cenderung stabil dan banyak pilihan paket yang bisa anda gunakan. 

Selain itu anda juga bisa melakukan upgrade speed dengan mudah ketika menggunakan indihome. Ada banyak addon yang bisa anda beli ketika berlangganan indihome seperti useetv pack, speed on demand, cloud storage, dll.

Pilih WMS Telkom

Jika anda menggunakan koneksi internet untuk browsing, downloading, upload file dan video, tanpa fup, anda bisa memilih wms. Apalagi anda seorang youtuber tentunya membutuhkan koneksi upload yang cepat untuk proses upload video yang lebih singkat.

Kadang untuk wilayah tertentu anda bisa mendapatkan kecepatan diatas 40 mbps ketika menggunakan wifi seamless@wifi.id nya, namun untuk tempat saya ini kecepatan yang didapat tidak pernah lebih dari 25mbps.

Kesimpulan

Sekian pengalaman saya menggunakan wms selama 3 minggu terakhir ini, semoga bisa menjadi acuan ketika anda hendak memilih jaringan internet. Untuk saya pribadi yang diprioritaskan hanya untuk bekerja seperti browsing, upload video ke youtube, download film, wms pilihan yang tepat.

Namun, karena terkadang saya bermain game online merasa kecewa juga karena sering mengalami lag ketika sedang bermain game. 

Catatan: Kecepatan wms telkom tidak lagi 1:1, tapi sekarang itu 1:5. Jadi untuk paket silver 20 mbps kecepatan adalah 20:4. Untuk mendapatkan speed 1:1 anda bisa membeli voucher wifi.id / seamless.

Terima Kasih.

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

35 Replies to “Ini Rupanya Kelemahan WMS Telkom Yang Harus Anda Ketahui”

  1. mending jangan kalo menurut saya, soalnya dulu juga banyak yg ngingetin juga. cuman kalo gk merasakan sendiri jadi kurang puas gitu..wkwk

  2. Mau tanya mas

    – Utk speed download upload skrg sdh tidak 1:1 lagi yah?
    – Saya mau pasang utk koneksi ke IP Camera apakah bisa? Bila bisa apakah dgn Wifi Id dikoneksikan ke IP Camera mudah di hack org lain?

    Maaf mas saya awam tentang soal koneksi internet.
    Pada dasarnya saya ingin pasang Indihome, tetapi krn begitu banyaknya keluhan pengguna Indihome, saya jadi mencari alternatif internet lain krn di lokasi saya hanya tercover Indihome, tdk ada provider lain.

    Apa lagi setelah melihat wifi.id ini speed download uploadnya 1:1 tanpa ada batas pemakaian wajar (FUP) saya jd tertarik.

    Tetapi sekali lagi saya jadi ragu memasang wifi id ini setelah melihat postingan ini.

    Mohon maaf bila kepanjangan pertanyaan saya.
    Mohon pencerahannya.
    Terima Kasih

      1. – Kalo untuk IP camera mohon maaf belum ada pengalaman, namun untuk saat ini saran saya mending pake indihome aja, karena lebih stabil. Saya aja nyesel asli pindah wms. haha

  3. misal kita berhenti berlangganan bulanan wms dan manfaatin 2 ssid dari telkom itu aja bisa nggak?

    1. gak bisa kayaknya bos, soalnya kalo berhenti berlangganan modem biasanya diambil sama petugas telkom. Karena biasanya modem akan digunakan oleh pengguna baru lainnya..

  4. Betul, pengalaman Anda saya rasakan sama persis, karena saya juga sudah menggunakan layanan telkom sejak masih telepon saja, kemudian internet yg dial up, speedy, Indihome, dan sekarang sudah jalan 5 bulan pakai wms.

    1. iya mas,, sebetulnya sempat pengen balik saya ke indihome.. tapi pas lihat punya temen fup nya kembali di sunat, gk jadi deh. sayang banget di tempat saya ini gk ada provider lain, jd mau gk mau manut bae ama telkom..

  5. Gan, kalo saya manfaatin sinyal wifi.id / seamless dari tetangga (sepertinya ada tetangga yang pasang), masuk ke kegiatan ilegal ga? Karena mencuri sinyal.

    1. Kalo nembak seamless/wifi.id harusnya tidak termasuk ilegal, karena 2 ssid itu kan memang diperuntukan untuk publik. Karena agar bisa terhubung ke seamless/wifi.id kan kita juga harus beli voucher lagi. Saya juga dirumah kalo ada yang nembak seamless/wifi.id ya gk bisa ngelarang juga, wong itu di open dari telkom nya.

      1. tapi klo publik kenapa ketika digunakan speed venue juga ikut turun,

        bukannya venue punya yg bayar klo wifi.id punya telkom harusnya speednya gak saling berpengaruh

        1. itu juga yang sangat mengganggu. di awal pemasangan teknisi bilang speed tidak saling mengganggu. tapi kenyataannya saling berebut speed. solusinya bisa anda matikan ssid seamless@wifi.id dan @wifi.id nya dengan mengubungi 147

  6. ada info ga bro, tarif promonya berakhir sampe kapan?mau pindah dari indi ke wms tp liat kata2 promo jd takut.hahahaa

  7. Bingung saya gan, wms kayaknya aman dari tagihan naik, disisi lain indih0m0 sering kebobolan akun relasi yg se -enak udelnya beli addon tanpa izin pemilik akun utama.

    1. betul banget mas, wms memang dari segi tagihan stabil karena memang tidak ada paket addon. namun penyakit yang saya alami ini adalah seringnya rto pada wms. sedangkan untuk indihome ya gitu deh, kalau kita gak jeli tagihan memang suka naik tanpa diduga. temen pernah dapat tawaran upgrade dengan harga yang lebih murah dari tagihan biasa perbulan, eh bulan berikutnya malah melonjak banget tagihannya..

  8. Wah sama mas. Saya malah sudah pakai hampir 2 tahun.
    Awal-awalnya masih lancar mas. Buat browsing, game online, download-upload file besar, speednya jg tinggi.
    Nah setelah pakai kira-kira setahunan lebih, koneksinya susah banget. Mau masuk ke login page aja bisa nunggu sampe 5 menitan bahkan lebih. Sampe capek saya liat tulisan obtaining ip address….
    Begitu sudah connect, kadang rto, tiba-tiba sinyalnya hilang, ping naik turun dari 32 bisa sampe 3200 padahal gak buka apa-apa, disconnect sendiri, balik nungguin ke login lagi. Tapi kadang anehnya itu kadang juga lancar banget, ping juga malah stabil. Tapi tetep penyakitnya lebih sering datang ketimbang sembuhnya. Anak saya aja maen Mobile Legend sampai menggerutu dan sampai mau nangis kalo sudah kumat penyakitnya si wms ini.
    Cuman kalo saya amati, jaringan lebih stabil (meski gak stabil2 amat) saat kita dapat IP yg angka belakangnya kecil, semisal 192.168.1.2.
    Kalo angka belakangnya besar semisal 192.168.111.222 saya lebih sering dapat masalah kayak di atas.
    Jadi kadang saya akali, saya forget ssidnya, trus connect ke @wifi.id yg cuma sebatas buka login page, disconnect, forget wifi.id, lalu coba connect ke wms lagi. Kalo masih dapet ip yg angka belakangnya besar, saya coba ulang lagi sampe dapat ip dengan angka belakang yg kecil.
    Mungkin gak masuk akal bagi ahli IT, mungkin juga cuma sugesti, tapi saya sendiri merasakan lebih lumayan stabil kalo dapat IP dengan angka belakang yg kecil.

    1. Nah itu dia kang yang buat saya berhenti wms ini, sering nya rto. karena nunggu beberapa menit konek, eh gk konek lagi. jadi sangat mengganggu. cuman untuk coba2 dapet ip kecil sayangnya saya gak sempat coba. keburu jengkel. haha

  9. saya pakai wms 20 mbps . ul dan dl speed sama dapat 20 mbps juga. kelemahan lain wifi.id buat yg punya smart electronik, lampu, steker dll gak bisa konek ke wifi.id (alat nya kebanuakan msh 2,4 ghz) , cm bisa di akalin dg tambah AP baru

  10. Di kota saya malah enakan pake wms ketimbang indihome gan, soalnya buat kafe/warkop, Awal make indie 40 mbps, pas rame semua ngelag termasuk saya pemilik, Akhirnya sudah dua tahun ini pake wms malah pelanggan tambah banyak walopun pake yg 20 mb dgn 2 acces point. Stabil minta ampun walo 50 lebih pelanggan yg main game online maupun donlot via pc. Kalo untuk game online sebenarnya bisa minta disettingkan via 147 gan, tp nelponnya jgn sekali, harus berkali-kali sih biar cs 147 maupun sistem inget no hp kita. jgn lupa juga aplikasi myindie jg sangat membantu pelaporan dan itu sdh saya rasakan selama 2 tahun ini. Trus saya sarankan pasang AP nya itu di plafond aja biar signal gak kemana2 n tetangga gak pada nebeng apalagi sekarang seamles sama wifi.id disatukan demi penghematan bandwith oleh Telkom. Ini sekedar sharing pengalaman aja.

    1. Terima kasih om sharing nya. Memang mungkin beda tempat beda rasa, namun disini 4 orang teman yang juga pake wms juga semuanya berhenti. Masalah utamanya cuman 1, sering RTO. Kalo koneksi lancar sih saya juga seneng pake wms ini, karena memang tidak dikenakan fup. Akhirnya balik ke indihome karena lebih stabil.

  11. Sekarang wifi id udah pakai FUP, voucer yg bulanan 50rb kena FUP 150G klo dah abis kecepatan hanya 0.5Mbps
    yang 20rb seminggu kena FUP 50G
    demikian pengalaman saya
    Thanks

    1. makasih om pengalamannya, kebetulan saya sudah tidak pake wms lagi dan belum pernah lagi main ke wifi corner. jadi kurang tau kalau dikenakan fup jg

  12. jadi untuk februari 2021 ini wms indihome ya atau tidak? itu ga bisa ya langganan bersamaan misal pakai indihome paket 20mbps dan Wms dalam satu rumah?

    1. bisa ko om, 3 teman saya dulu juga pasang indihome dan wms barengan. maksudnya modemnya sama dengan yang dipake indihome, cuman nambah ap cisco aja utk wms nya.

  13. bang mau tanya, ssid seamless dan wifi id nya bisa di hidden nggak yah? yg tampil SSID pribadi saja

  14. Klo pake seamless ato wifi id apa sering RTO juga ..kan udah beli voucher
    Apa cuma SSID pribadi / venue aja yg RTO ??
    Mhn pencerahan

    1. Sama saja, kebetulan memang selama saya menggunakan wms yang dipake memang ssid seamless nya kak. Sama2 sering rto, cuman untuk yang sekarang saya kurang tahu ya, karena sudah tidak berlangganan wms lagi. tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *