bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Kecewa Sama WMS, Akhirnya Kembali Ke Indihome

2 min read

Habis sudah kesabaran saya, hampir setiap hari wms gangguan koneksi internet nya, seringnya rto dan lemot adalah alasan saya memutuskan untuk berhenti berlangganan wms telkom.

Kadang saya berpikir lucu juga sih, sebelumnya saya berlangganan indihome, tapi karena alasan tanpa fup dan harga juga murah, saya putuskan untuk daftar wms indihome. Tapi apalah artinya tanpa fup jika koneksi yang saya rasakan sangat lemot dan sering rto juga.

Karena sangat butuh sekali koneksi internet yang stabil, saya putuskan untuk daftar indihome baru lagi. Mungkin anda berpikir apa bedanya sih wms dan indihome? Bukankah sama-sama produk telkom?

Baca Juga: Review wms wifi id, cara daftar, paket wms

Alasan Kembali Berlangganan Indihome

Berhubung saya tinggal di kampung dan hanya indihome yang ada, jadi mau tidak mau yang harus daftar indihome lagi. Dan sebagai yang pernah menggunakan indihome saya bisa jamin soal kecepatan dan kestabilan jaringan internet nya paling bagus.

Beda tempat mungkin beda rasa, apalagi di tempat anda sudah banyak provider fiber lainnya seperti XL Home, MyRepublic, Biznet, Transvision, Firstmedia, dll. Mungkin anda mengalami banyak gangguan indihome.

Pilih Paket Indihome Phoenix 20mbps

Awalnya saya ingin kembali menggunakan paket indihome lama saya yaitu phoenix 50 mbps, tapi karena sekarang wajib deposit dulu, jadi saya pilih paket yang sedang 20mbps untuk menekan biaya depositnya.

Biaya deposit yang diterapkan pihak indihome adalah menyesuaikan dengan harga paket. Jadi karena saya pilih paket indihome 20mbps phoenix, jadi saya deposit sekitar Rp.345.000.

Selain deposit, untuk pasang baru indihome juga dikenakan biaya pendaftaran yang akan digabung dengan tagihan bulan pertama anda. Dan juga biaya beli kopi dan rokok untuk teknisi indihome yang datang ke rumah. Gak enak dong kalo suruh kerja doang, kasih kopi dan air putih lah.

Proses Pasang Indihome Makin Bagus

Harus saya akui, proses pasang baru indihome 2020 ini sangat cepat. Saya malam hari daftar via whatsapp, pagi harinya langsung dapat panggilan dari pihak indihome.

Siang hari nya sudah datang petugas indihome untuk melakukan pemasangan modem dan aktivasi jaringan. namun , berhubung saya sudah pernah pasang indihome sebelumnya, dan juga kabel fiber masih ada, jadi proses pemasangan indihome jadi lebih cepat.

Namun koneksi wifi indihome tidak bisa langsung digunakan, harus menunggu proses verifikasi dari pihak Telkom dulu. Kurang dari 2 jam sejak dapat telepon saya lihat lampu indikator internet pada modem indihome sudah nyala hijau.

Benar saja, setelah saya coba koneksi ke wifi indihome baru nya, internet sudah dapat digunakan. Jadi proses pemasangan dan aktivasi jaringan indihome 1 hari beres, dulu bisa 2 hari baru aktif.

Bisa Bermain Game Online Kembali

Semenjak pindah ke wms telkom, saya hampir tidak bisa bermain game online karena ping nya tinggi, otomatis game jadi lag. Namun setelah kembali ke indihome, ping yang saya dapat sangat bagus.

Benar saja, ketika saya coba bermain game mobile legends, ping kembali di bawah 20. Padahal ketika menggunakan wms sering banget ping berwarna kuning bahkan merah diatas 200. Untuk buktinya bisa anda lihat hasil speedtest indihome 20mbps dibawah ini:

speedtest indihome 20mbps

Suka Duka Menggunakan WMS

Seperti saya sebutkan di awal, alasan saya menggunakan wms karena bisa internetan tanpa fup dan bisa mendapatkan kecepatan 1:1 apabila menggunakan @wifi.id atau seamless@wifi.id.

Selain itu dengan kecepatan upload yang tinggi juga sangat cocok ketika digunakan untuk upload banyak foto maupun video dengan ukuran besar. Saya sendiri suka upload video ke youtube yang ukurannya ratusan Mb bahkan ada yang lebih dari 1gb. Kecepatan upload wms ini bisa diandalkan.

Namun, yang tidak suka dari wms ini adalah seringnya mengalami RTO. bahkan seminggu ini hampir tiap menit mengalami RTO atau jaringan internet seperti melamun, dan ini berlaku bagi pengguna smartphone maupun pc.

Tentunya hal ini sangat mengganggu pekerjaan saya yang memang berhubungan dengan internet. Dapat informasi dari teknisi pun katanya wms sedang gangguan.

Apakah Saya Menyesal Menggunakan WMS?

Penyesalan itu pasti ada, apalagi sebelum memutuskan pindah ke wms telkom tidak ada kendala dengan indihome saya sebelumnya. Jadi saya pindah murni karena tergiur dengan iklan tanpa fup dan speed 1:1 nya.

Tapi saya akan lebih menyesal apabila tidak merasakannya sendiri bagaimana kualitas dari wms telkom ini.

Demikianlah sedikit coretan saya tentang berhenti langganan wms indihome, semoga bisa menjadi bahan pemikiran ketika anda hendak pindah ke wms.

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!