bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Review Tenda O1 – Router Outdoor Murah Terbaik Saat Ini

2 min read

review tenda o1

Jika anda sedang mencari router outdoor dibawah 300rb an, namun memiliki performa yang bagus, mungkin Tenda O1 ini sangat cocok untuk kebutuhan anda. Namun, router ini hanya mampu menangkap wifi dengan jarak maksimal 500m saja.

Namun yang menarik, Tenda O1 ini tidak hanya mampu menangkap sinyal wifi dari AP outdoor saja, bahkan wifi saya yang ada di dalam ruangan bisa terdeteksi semuanya, bahkan bisa tersambung dengan lancar.

Hal ini sudah saya buktikan langsung ketika memasang Tenda O1 di rumah sepupu saya untuk menembak wifi Indihome yang ada di rumah saya, kebetulan saya menggunakan AP Tenda O3 untuk saya bagikan kepada tetangga saya.

Spesifikasi Tenda O1

Tenda O1 500m memiliki ukuran body 190.35 x 80 x 67.5 mm, berjalan pada frekuensi 2.4Ghz dan dilengkapi dengan antena sebesar 8dbi. Selain itu Tenda O1 ini juga bisa mentransfer data dengan kecepatan maksimal 300mbps, tentunya sangat bisa menarik bandwidth internet Indihome dengan kecepatan 100mbps dengan baik.

Untuk spesifikasi lengkap dari tenda O1 ini bisa anda klik link dibawah ini:

https://www.tendacn.com/id/product/specification/O1.html

Isi Paket Tenda O1

  • 1*Unit Tenda O1
  • 1*Power Adapter
  • 1*PoE Injector
  • 2*Plastic Staps
  • 1*Quick Installation Guide

Jadi jangan kaget ketika anda membeli Tenda O1 ini anda tidak menemukan adanya kabel LAN pada paket pembeliannya. Jadi anda harus membeli 2 kabel lan secara terpisah. 1 Lan panjang untuk power nya dari Tenda O1 ke Poe Adapter, 1 Lan pendek apabila anda ingin menyambungkan nya ke PC maupun ke router indoor.

Mengukur Jarak Dari Rumah Anda ke Sumber Wifi

Sebelum anda memutuskan untuk membeli Tenda O1 ini, sebaiknya pastikan dulu jarak dari rumah anda ke pusat wifi yang ingin anda tembak, pastikan jaraknya tidak lebih dari 500 m agar sinyal wifi yang di dapat lebih stabil.

Untuk mengukur jarak secara tepat anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps, untuk caranya sendiri bisa anda googling dulu, atau nanti akan saya coba buatkan artikelnya secara terpisah. Selain itu, pastikan juga tidak ada halangan berupa bangunan tinggi ataupun pohon tinggi agar tidak mengganggu kinerja dari router anda, jadi silahkan anda posisikan dulu router outdoor tenda O1 ini agar loss dengan sumber wifi nya.

Harga Tenda O1

Bicara soal harga anda bisa cek sendiri di marketplace kesayangan anda, namun karena saya biasa menggunakan shopee, jadi saya gunakan acuan dari shopee aja ya. Di shopee sendiri Tenda O1 ini dijual mulai dari 269rb an untuk barang baru nya, untuk bekasnya mungkin anda bisa dapatkan dengan harga 200rb an saja.

Jangan lupa untuk sekalian membeli kabel lan untuk poe nya agar bisa digunakan diwaktu yang bersamaan. Jangan tanggung, beli kira-kira yang panjang nya 15 meter, agar lebih leluasa ketika ingin berpindah tempat.

Tenda O1 vs Tenda O3

Membandingan antara Tenda O1 vs Tenda O3 seperti anda membandingkan Yamaha Mio vs Yamaha Nmax. Dari segi harga dan spesifikasi nya jelas lebih jauh. Namun, agar lebih bijak dalam membeli barang, sebaiknya beli yang memang anda butuhkan, jika jarang anda ke pusat wifi kurang dari 500 m, ya ambil tenda O1, kalau jaraknya lebih dari 500 m bisa anda langsung ambil tenda O3.

Jika anda punya budget 500rb, anda bisa ambil Tenda O1, Tenda N301, dan beli kabel LAN 15 m. Untuk tiangnya anda bisa beli tiang bambu aja yang murah, disini harganya cuma 10rb saja. Sudah cukup untuk menembak wifi dengan jarak 300 m.

Review Tenda O1

Tenda O1 sangat cocok digunakan untuk menembak wifi dengan jangkauan kurang dari 500 m, namun dalam uji coba yang yang saya lakukan kebetulan jarak dari rumah sepupu ke rumah saya itu hanya 50 m saja, jadi untuk jarak sampai 500 m saya belum coba langsung ya.

Dari segi pengaturan jelas Tenda O1 ini sangat mudah digunakan, namun akan lebih mudah ketika anda melakukan pengaturan melalui pc maupun laptop. Untuk jarak yang hanya 50 m ini tentunya sinyal yang didapat dari AP saya dirumah jelas fullbar. Dan bisa langsung anda gunakan apabila langsung disambungkan menggunakan kabel lan ke laptop atau pc anda.

Namun, jika anda ingin menggunakan wifi dari Tenda O1 ke smartphone, ada baiknya anda membeli router indoor lagi. Karena ketika langsung menghubungkan smartphone ke tenda O1, kecepatan internet yang di dapat tidak stabil, apalagi router ditaruh di ketinggian, jadi sinyal wifi yang masuk ke smartphone tidak stabil.

Jadi, saya gunakan Tenda N301 yang harganya sekitar 150rb untuk menyebarkan wifi nya ke rumah, jadi mekanismenya Tenda O1 nembak ke Tenda O3 (AP), dari Tenda O1 ke Tenda N301 via WAN, baru dari tenda N301 Ke smartphone/laptop.

Jadi, menurut saya Tenda O1 ini sangat bagus untuk dijadikan router outdoor di rumah anda, karena selain harga yang murah, juga kualitasnya tidak kalah bagus dengan router yang lebih mahal.

Kesimpulan

Langsung beli aja jika anda sedang mencari router outdoor yang murah, Tenda O1 ini recomended pokoknya.

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

2 Replies to “Review Tenda O1 – Router Outdoor Murah Terbaik Saat…”

  1. Klo dari tenda O1 langsung nembak ke router indihome dalam rumah ( bukan ke Tenda O3) jarak 50 meter masih sanggup ndak bang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *