bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Review Telkomsel Orbit Star 2, Layak Dibeli Gak Sih ??

4 min read

Telkomsel Orbit Star 2

Tidak adanya jaringan fiber yang masuk ke tempat tinggal istri membuat saya harus mencari modem wifi agar bisa digunakan secara bersamaan, baik itu ketika menggunakan pc/laptop, maupun ketika menggunakan smartphone. Tentunya hal ini agar tidak terlalu boros dalam membeli paket internet.

Ketika browsing di shopee, saya menemukan beberapa pilihan modem wifi yang sudah mendukung kartu sim langsung, artinya tidak harus menggunakan modem dulu lalu dicolok ke router, tapi bisa langsung memasukan kartu sim ke dalam modem wifi tersebut, beberapa modem wifi 4g tersebut diantaranya:

  1. XL Home Router
  2. Telkomsel Orbit
  3. Tenda 4G
  4. Tp Link TL MR6400

Dari ke 4 pilihan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk membeli modem Orbit Star 2 dari telkomsel, karena harganya yang lumayan murah dan sudah unlock all operator juga, selain itu yang menarik adalah harga paket nya yang lumayan terjangkau untuk kuota 100 GB nya.

Selain itu, modem Orbit Star 2 dari telkomsel ini juga sudah mendukung 1 buah antena eksternal yang bisa anda beli secara terpisah. Untungnya saya mendapatkan Orbit Star 2 ini sudah include dengan antena.

Baca Juga: Review Paket Internet Freedom Indosat Ooredoo 100 GB

Untuk Review Orbit Star 2 nya sendiri mari kita simak ulasan saya dibawah ini.

Mengenal Telkomsel Orbit

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Mode Orbit Star 2 ini, ayo kita kenalan dulu dengan Telkomsel Orbit itu sendiri, apa itu telkomsel orbit?

Telkomsel Orbit adalah sebuah layanan internet baru yang diluncurkan oleh Telkomsel yang hadir dalam beberapa pilihan modem wifi menarik, dan juga pilihan paket yang besar dan murah.

Sehingga akan sangat membantu anda ketika ingin membeli paket internet besar dengan harga yang terjangkau.

Jangan Beli Modem Orbit Telkomsel

Sebelum anda memutuskan untuk membeli modem Orbit ini, perlu anda ketahui dulu sebelumnya. Jangan pernah berpikir dengan membeli modem Orbit Star 2 ini kecepatan internet anda akan makin ngebut dan lancar ketika bermain game online. Karena dari yang saya rasakan dari segi kecepatan sama saja dengan koneksi kartu telkomsel yang saya gunakan pada hp Poco X3 saya.

Jadi, apabila kebutuhan anda hanya untuk pemakaian sendiri, anda cukup menggunakan smartphone saja untuk kebutuhan anda. Karena dengan harga di angka 630rb an sangat disayangkan aja menurut saya.

Tapi, apabila kebutuhan anda agar seisi rumah dapat menggunakan jaringan internet wifi secara bersamaan, Telkomsel Orbit ini sangat layak anda beli kok!

Harga Telkomsel Orbit Star 2

Untuk harga Orbit Star 2 ini sendiri saya beli di marketplace shopee seharga Rp.669.000, termasuk dengan 1 buah antena berwarna hitam. Dengan harga segitu sudah termasuk dengan kuota internet sebesar 50 GB dengan masa aktif 30 hari.

harga telkomsel orbit star 2

Modem Orbit Telkomsel sendiri ada sekitar 4 varian, dimana yang paling murah yaitu Orbit Star dan yang paling tinggi Orbit Max yang harganya diatas 2jt an. Selain di marketplace, anda juga bisa membeli modem orbit ini melalui website resmi Telkomsel Orbit dibawah ini:

Paket Pembelian Orbit Star 2

Setelah saya unboxing orbit star 2 ini, dalam paket penjualannya berisi beberapa part diantaranya:

Telkomsel Orbit Star 2

  • 1 unit Modem Orbit Star 2
  • 1 unit adaptor
  • Kartu Perdana Telkomsel
  • Buku Panduan
  • Kartu Garansi

Sayangnya di dalam paket penjualannya tidak ada antena eksternal dan juga kabel LAN. Jadi bagi anda yang membutuhkan kabel LAN atau antena eksternal tentunya anda harus membelinya secara terpisah.

Cara Aktivasi Telkomsel Orbit

Untuk proses aktivasi dari modem orbit star 2 ini tergolong mudah, anda hanya perlu menyiapkan No KTP dan No KK untuk proses registrasi kartu perdana orbitnya. Selanjutnya anda download dulu aplikasi My Orbit di Google Play, lalu daftar akun gratis menggunakan email.

Pastikan ketika anda mulai aktivasi modem orbit, untuk menyalakan terlebih dahulu modem orbit anda. Baru setelah itu anda ikuti saja instruksi yang ada pada aplikasi My Orbit tadi. 

aktivasi telkomsel orbit

Harga Paket Telkomsel Orbit

Melihat dari aplikasi Orbit, ada 4 jenis paket yang dijual oleh Telkomsel Orbit, yaitu:

harga paket telkomsel orbit

  • 10 GB Rp.20.000, masa aktif 7 hari
  • 30 GB Rp.65.000, masa aktif 30 hari
  • 50 GB Rp.80.000, masa aktif 30 hari
  • 100 GB Rp.130.000, masa aktif 30 hari

Cek Sisa Kuota Telkomsel Orbit

Untuk mengetahui sisa kuota telkomsel orbit anda, caranya sangat mudah kok. Anda hanya perlu login ke aplikasi Orbit anda, disana akan muncul dengan jelas informasi sisa kuota internet anda juga masa aktif dari paket internet orbit anda.

cek sisa kuota orbit

Kecepatan Internet Telkomsel Orbit

Bicara soal kecepatan dari modem orbit ini sebetulnya tergantung dari kartu apa yang anda gunakan, disini saya sudah mencoba menggunakan kartu telkomsel bawaan modem orbit, dan juga kartu indosat ooredoo yang sudah aktif paket internet nya.

Berikut adalah saya tampilkan perbandingan kecepatan yang saya dapatkan antara modem orbit star 2 + kartu telkomsel & modem orbit star 2 + kartu indosat ooredoo:

speedtest telkomsel orbit
Speedtest Telkomsel Orbit + Kartu Bawaan
speedtest orbit + indosat ooredoo
Orbit + Indosat
idm orbit indosat
idm orbit star 2 + indosat
download idm telkomsel orbit
idm orbit + kartu bawaan
speedtest telkomsel orbit star 2 dari hp android
Speedtest menggunakan wifi modem orbit dari android

Dari perbandingan kecepatan diatas dapat kita simpulkan bahwa, kecepatan yang didapat tergantung dari kualitas jaringan dari operator yang digunakan. Ditempat saya sekarang, indosat memiliki kecepatan yang bagus dan stabil, baik ketika menggunakan smartphone maupun modem 4g yang saya gunakan sebelumnya.

Jangkauan Telkomsel Orbit

Pada awalnya saya ingin membeli modem orbit ini langsung dari website resmi nya, namun ketika cek area, ternyata tempat saya belum mendukung jaringan internet dari Telkomsel Orbit, namun sebagai pengguna telkomsel juga saya tetap kukuh ingin mencoba nya, karena ditempat saya jaringan telkomsel juga sudah 4g.

Jadi, selama di tempat tinggal anda jaringan telkomsel bagus, maka sudah dapat dipastikan anda dapat juga menggunakan Telkomsel Orbit. Namun, anda juga tetap dapat menggunakan modem orbit ini menggunakan operator selain Telkomsel ko, namun untuk smartfren saya belum mencobanya ya, jadi belum bisa memberikan informasi pastinya.

Jenis Modem Orbit dari Telkomsel

Ada 4 jenis modem orbit yang bisa anda beli, mulai dari yang paling murah, hingga yang paling mahal. Untuk jenis modem nya sendiri bisa anda lihat dibawah ini:

Orbit Star Lite (Harga 549.000)

orbit star lite

Orbit Star 2 (Harga 629.000)

orbit star 2

Orbit Pro (Harga 1.249.000)

orbit pro

Orbit Max (Harga 2.299.000)

orbit max

Modem Orbit apapun yang ingin anda beli tentunya tergantung budget dan kebutuhan anda, apabila pengguna wifi anda lebih banyak mungkin orbit pro atau max sangat cocok bagi kebutuhan anda, namun orbit star lite juga mampu menampung user hingga 32 pengguna ko.

Yang membedakan dari ke 4 modem orbit diatas adalah spesifikasi dan fitur pastinya. Dimana untuk Orbit Pro dan Max sudah mendukung dual band (2.4ghz & 5ghz), tentunya dari segi kecepatan akan terasa sekali perbedaannya.

Review Orbit Star 2

Karena belum lama menggunakan modem Orbit Star 2 ini, jadi saya tidak bisa memberikan banyak informasi yang anda butuhkan. Namun, untuk segi koneksi nya tidak ada masalah sama sekali, baik itu menggunakan kartu telkomsel orbit bawaan, maupun menggunakan kartu indosat ooredoo.

Selain itu dengan adanya aplikasi Orbit, tentunya sangat membantu sekali untuk melakukan pengaturan pada modem orbit star 2 ini, seperti mengganti nama wifi dan juga pasword, melihat user yang terhubung, melakukan pemblokiran pada user, dll.

Adanya port LAN pada modem orbit star 2 ini tentunya memberikan kenyamanan sekali ketika menggunakan nya dari PC/laptop, karena koneksi lebih stabil dibanding menggunakan koneksi wifi.

Dengan menambahkan 1 buah antena pada orbit star 2 ini tentunya menambah daya sebar wifi di rumah, dan dari segi penangkapan sinyal 4G pun menjadi meningkat, dimana ketika menggunakan modem huawei 4g kartu indosat saya hanya mendapatkan 2 bar, ketika menggunakan orbit+antena menjadi 4-5 bar.

Yang menariknya, ketika anda mengganti kartu sim pada modem orbit star 2 ini, anda tidak perlu repot untuk mensetting APN untuk operator yang anda gunakan, karena sudah otomatis terhubung ke internet.

Kesimpulan

Modem Orbit Star 2 ini bisa jadi modem wifi 4G terbaik dan termurah saat ini apabila dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Karena selain dari kualitas modem nya yang bagus, anda juga sudah mendapatkan free kuota 50 GB, ditambah anda juga bisa membeli paket internet murah yang disediakan oleh Telkomsel Orbit sendiri.

Selain daripada itu, modem Orbit Star 2 ini juga sudah mendukung semua operator seluler di Indonesia, jadi anda bisa menyesuaikan dengan jaringan terbaik yang anda di tempat anda.

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *