bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Review Indihome 40Mbps, Kecepatan, FUP, dan Biaya Bulanan

3 min read

review indihome 40mbps

Halo sob, kembali lagi kali ini saya membahas tentang Indihome. Sebelumnya saya sudah beberapa kali posting tentang review saya mengenai Paket Internet Indihome, mulai dari 20mbps, 30mbps, dan juga 50mbps. Nah, kebetulan sekarang ini saya menggunakan paket Indihome 40 mbps. 

Mungkin anda bertanya-tanya, nih orang ko gonta-ganti paket Indihome terus sih? Haha, jujur saja ya, alasan saya sering pindah paket Indihome ini adalah karena masalah penggunaan internet, kedua adalah karena tagihan.

Jadi, karena pengguna wifi saya dirumah semakin bertambah, mau tidak mau saya harus pindah paket lagi dari 30mbps ke 40mbps, karena fup indihome 30mbps rupanya hanya bertahan selama 17 hari saja. Setelah fup 30mbps habis kecepatan internet hanya tersisa 6mbps saja.

Sebetulnya saya pernah menggunakan paket indihome 40mbps sebelum downgrade ke 30mbps. Tapi karena waktu itu saya menggunakan paket yang pake UseeTV dan tagihannya lumayan mahal, jadi saya coba minta pindah paket ke 1p 40mbps.

Sayangnya pihak indihome tidak mengabulkan saya pindah ke paket 1p, karena tidak ada paket 1p untuk kecepatan 40mbps. Setelah diskusi sana sini akhirnya saya downgrade aja ke paket 30mbps. Karena tujuan utama saya adalah ingin menghemat biaya bulanan.

Pernah Menggunakan Paket Indihome 50mbps Murah

Ada penyesalan yang sangat dalam ketika waktu itu saya mendapatkan paket internet 50 mbps dengan tagihan flat Rp.523.000 per bulan. Karena waktu itu tertarik untuk pindah ke wms wifi.id, jadi paket tersebut saya stop untuk menghemat anggaran.

Saya pernah mencoba menggunakan paket 50mbps kembali, namun tagihan bulanan sangat mengerikan untuk saya, yaitu sekitar 680rb an.

Jadi saran saya bagi kalian yang sudah mendapatkan paket Indihome murah, sebaiknya jangan di utak-atik lagi deh. Jangan tergoda dengan penawaran-penawaran yang menyesatkan. Kecuali memang paket baru tersebut dirasa lebih murah dari paket yang anda gunakan sekarang ini.

Speedtest Indihome 40mbps

Hal yang lumrah untuk dilakukan ketika uji coba sebuah layanan internet adalah melakukan speedtest. Untuk speedtest Indihome 40mbps bisa anda lihat sendiri pada gambar dibawah ini. 

speedtest indihome 40mbps

Dari beberapa pengujian saya menggunakan speedtest, untuk paket indihome ini memang real 40mbps ya, karena speed download selalu diatas 40mbps, sedangkan untuk upload nya sendiri di angka 8mbps.

Kecepatan Download Menggunakan IDM

Setelah kita lakukan speedtest diatas, selanjutnya saya lakukan pengujian kecepatan download paket Indihome 40mbps ini menggunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM), berikut ini adalah hasilnya:

idm indihome 40mbps

Pada pengetesan download menggunakan idm saya coba mendownload windows 10 32bit yang memiliki ukuran 3GB. Untuk kecepatan yang di dapat di kisaran 4-5 mb/s.

FUP Indihome 40mbps

Mengetahui jumlah FUP atau batasan kuota yang diberikan agar speed tetap stabil di angka 40mbps adalah hal yang penting, karena ketika anda sudah melebihi FUP kecepatan internet anda otomatis akan turun drastis, untuk kecepatan internet indihome 40mbps setelah fup adalah 8mbps.

Jadi, berapa sih fup indhihome 40mbps ini? Jawabannya adalah 1500GB.

Kecepatan Streaming Video

Untuk Paket Indihome 40mbps sebaiknya anda tidak perlu meragunakan untuk kualitas video streaming nya, mau resolusi 1080p atau 4k tetep lancar jaya ko. Apalagi kalo hanya 720p, tentunya sudah sangat ngacir.

Namun, tetap perhatikan kembali resolusi monitor anda ya, jika monitor anda memiliki resolusi full hd 1080p jangan paksakan untuk menonton resolusi yang 4k, ya serasa mubadzir aja gitu.

Sebagai bukti dibawah ini saya coba lampirkan beberapa tangkapan layar ketika saya melakukan streaming video, baik itu di youtube, vidio, maupun di website tempat nonton film seperti wetv.

Pengalaman Bermain Game Online

Indihome selalu mendapatkan ping yang kecila ketika bermain game online, namun apabila pengguna wifi lumayan banyak, tentunya ini akan mempengaruhi gameplay anda. Jadi dari yang saya alami, bermain game online menggunakan jaringan indihome ini sangat lancar apabila dibandingkan dengan paket internet gsm.

Tidak masalah mau anda berlangganan paket 10mbps maupun 100mbps, saya pikir kualitas jaringan indihome untuk bermain game online ini diatas rata-rata operator seluler ya.

Biaya Tagihan Paket 40mbps

Disini saya sudah 2x berlangganan paket 40mbps ya, mulai dari internet dan useetv, dan juga internet dan telepon. Jadi biaya langgnananya jelas mahal dengan yang TV ya. Ini adalah bukti tagihan indihome 40mbps yang pernah saya coba:

tagihan indihome 40mbps
Tagihan 40mbps internet+useetv

Untuk tagihan pada gambar diatas untuk paket 40mbps internet dan useetv. Untuk paket 40mbps internet dan telepon yang saya gunakan sekarang belum keluar tagihan sebenarnya, paling bulan oktober baru masuk tagihan sebenarnya.

Jangan Berlangganan Paket 40mbps

Sebelum anda berlangganan paket Indihome 40mbps ada baiknya anda perhatikan dulu penggunaan internet anda setiap bulannya. Apabila masih dibawah 1000GB anda lebih baik gunakan paket yang 30mbps aja, anda bisa hemat lumayan setiap bulannya.

Namun, jika penggunaan anda diatas 1000GB lebih baik anda berlangganan paket indihome 50mbps, karena selain harganya yang berbeda tipis, juga kuota fup yang di dapatkan lebih besar 500GB.

Tapi ya kembali lagi ke kalian sendiri, suka-suka kalian saja deh mau berlangganan paket manapun juga, toh aku gak bantu bayar tagihan kalian. Ini mah cuma sebatas sharing saja.

Jangan Ambil Paket Indihome + Useetv

Ini hanya pendapat pribadi saja sih, untuk streaming video atau film sekarang sudah banyak yang gratis, seperti vidio.com. Jadi meskipun anda berlangganan USeeTV, tetap saja jika anda ingin menonton siaran bola harus berlangganan paket tambahan lagi.

Tapi memang benar sih, ketika berlangganan USEETV waktu itu, tidak pernah saya mengalami masalah seperti buffering atau gangguan lainnya.

Cara Migrasi Paket Indihome

Bagi anda yang tertarik untuk pindah paket indihome, baik itu upgrade maupun downgrade, anda bisa menghungi cs indihome melalui facebook maupun twitter. Tapi untuk kasus upgrade lebih mudah dan cepat bisa anda lakukan melalui aplikasi myIndihome. Anda bisa mendownloadnya melalui halaman Google Play Store.

Satu lagi anda jangan pernah malu bertanya tentang harga paket terbaru, siapa tahu bisa lebih murah dari yang anda bayangkan. Terus terang saja, dalam 1 bulan saya pernah pindah paket, dari 40mbps ke 30mbps, lalu pindah ke paket 40mbps lagi. Haha.

Trik Migrasi Indihome

Jika anda mau pindah paket Indihome, saran saya lakukan pada minggu ke 3. Karena pada waktu itu biasanya penggunaan internet kita sudah mau mencapai batas fup ya. Karena setelah berhasil pindah paket, biasa fup indihome akan mulai dari 0 lagi.

Selain itu, tagihan pada awal bulannya tidak terlalu besar, karena masih prorata. Jadi manfaatkan cara ini untuk mengembalikan kecepatan dan kuota internet indihome anda.

Kesimpulan

Paket Indihome 40mbps ini sangat disarankan bagi anda yang suka streaming film, download file besar, bermain game, maupun pengguna wifi yang banyak dirumah. Karena kuota fup yang diberika lumayan besar, yaitu 1500GB.

Apabila anda merasa berat dengan tagihan indihome paket 40mbps ini, anda bisa join dengan tetangga, misalnya 1 rumah bayar 170rb. Sudah cukup menghemat ko itu, saya yakin untuk penggunaan untuk 3 rumah itu cukup ko dengan paket 40mbps ini.

 

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Mobile Banking (M-Banking) BNI Error Karena Ganti HP? Ini…

Sejak pertama kali menggunakan M-Banking BNI sudah sering saya gonta-ganti hp, tapi tidak pernah mengalami yang namanya M-Banking BNI error. Namun, sejak saya ganti...
bobthea
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *