bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membelinya

5 min read

kelebihan dan kekurangan poco x3 nfc

Poco X3 NFC adalah salah satu smartphone mid-range dari Xiaomi yang memiliki penjualan terbesar dibanding dengan brand lainnya. Hal ini dikarenakan karena spesifikasi Poco X3 NFC yang lengkap dengan harga jual yang murah.

Saya sendiri baru 1 mingguan menggunakan Poco X3 ini, dan melalui artikel ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya ketika menggunakan smartphone ini. Baik itu kekurangan maupun kelebihan dari Poco X3 NFC. Mudah-mudahan bisa menjadi acuan anda ketika hendak membeli Poco X3 NFC.

Baca juga: Tempat beli Poco X3 NFC tanpa harus ikut flash sale, harga resmi!

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan, disini saya informasikan kalau Poco X3 yang saya gunakan ini varian Ram 6GB dan internal 64GB.

Kelebihan Poco X3 NFC

Layar Besar dengan Refresh Rate 120Hz

Ketika pertama kali menggenggam Poco X3, yang langsung saya rasakan adalah ukuran layarnya yang lumayan besar, yaitu 6.67 inci. Selain itu panel yang digunakan pada Poco X3 ini adalah IPS dengan resolusi 2400 x 1080p FHD+.

Yang menarik dari Poco X3 ini adalah sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz, sehingga pengalaman bermain game dan scroll akun sosmed menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, layar Poco X3 ini juga dibalut dengan perlindungan layar Corning Gorilla Glass 5 dan juga TUV Sertifikasi Cahaya Biru Rendah TUV Rheinland.

Dengan layar besar, yang bisa saya nikmati adalah ketika bermain game dan juga menonton video di youtube, jadi terasa lebih luar saja jarak pandang nya. Apalagi dengan kualitas dari panel ips, gambar jadi lebih jernih meskipun dilihat dari samping maupun atas.

Namun, bagi sebagian besar orang, ukuran layar smartphone yang besar bisa jadi kurang begitu nyaman, karena ketika dimasukan kedalam saku yang tidak terlalu dalam, Poco X3 ini akan terlihat keluar. Hal ini tentu yang ditakutkan adalah hp bisa jatuh atau ada orang jahat yang mengambilnya. Anda bisa membeli tas pinggang untuk mengatasi hal ini, atau anda bisa menggunakan celana yang punya saku yang lumayan dalam.

Chipset Gaming

Hadir dengan prosesor octa core Snapdragon 732G, tentunya untuk urusan gaming Poxo X3 ini bisa kalian andalkan. Game PUBG, FreeFire, Mobile Legend, Genshin, COD, apa lagi? Tentunya game-game sekarang bisa kalian mainkan dengan Poxo X3 NFC ini.

Kamera Bening

Jujur saja, bicara soal kamera Poco X3 ini, hasilnya benar-benar diluar ekspektasi saya. Karena baik dari hasil foto maupun perekaman video, keduanya benar-benar bagus bener kualitas gambar dan video nya.

Ada beberapa mode yang bisa anda coba pada kamera Poxo X3 NFC ini, seperti Pro, Potret, Malam Hari, dll. Selengkapnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

setting kamera poco x3

Sebagai bahan tambahan, berikut ini saya sertakan beberapa contoh foto dan video yang saya ambil menggunakan Poco X3 NFC.

sample foto poco x3 ultra wide

kamera depan poco x3
kamera depan poco x3

Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai yang ditanam pada Poco X3 ini adalah 5160mAh dengan tipe baterai lithium ion polymer dengan konektor USB type C untuk mengisi daya nya. Dengan baterai yang besar ini tentunya anda bisa dengan nyaman menggunakan smartphone ini seharian, tanpa harus takut baterai habis ketika sedang bepergian.

Saya sendiri biasa ngecas Poxo X3 ini malam hari, jadi baterai masih ada sisa sekitar 30% ketika sampai malam hari lagi. Karena mungkin pemakaian saya yang biasa saja sih, paling 2x main game mobile legends.

Kecepatan Charger Mantap

Selain baterai 5160mAh, yang paling menarik dari pengalaman saya menggunakan Poco X3 ini adalah kecepatan charging nya. Cuma butuh waktu 1 jam untuk mengisi baterai poco x3 ini dari 0 sampai 100%.

Jadi, worth it banget deh pokoknya untuk memilih Poco X3 ini sebagai daily driver anda. Baterai gede, ngecas cepat, idaman banget dah.

Dilengkapi NFC

Bagi anda yang biasa menggunakan e-toll, flazz, atau semacamnya, mungkin fitur NFC ini salah satu yang anda butuhkan. Karena sesuai dari namanya Poco X3 NFC, smartphone ini sudah memiliki konektivitas NFC. Untuk manfaat NFC bisa anda coba cari sendiri ya di Google.

Perkeman Video Hingga 4K

Poco X3 NFC sudah mendukung perekaman video hingga 4K/30fps, namun sayangnya jika anda memaksa untuk mengaktifkan resolusi 4K ini, fitur stabilizer pada Poco X3 ini akan nonaktif. Jadi, untuk dapat mengaktifkan kembalikan stabilize nya, anda harus menurunkan settingan video anda ke resolusi 1080p. Untuk settingannya sendiri bisa anda lihat dibawah ini:

setting video poco x3

Poco X3 juga sudah mendukung perekaman video gerak lambat dengan resolusi 720p 960fps, 240 fps, dan 1080p pada 120fps.

Speaker Stereo

Hadirnya dual speaker stereo pada Poco X3, tentunya keluaran suara yang dihasilkan lebih baik dan jernih. Sangat cocok bagi anda yang suka menonton video dari hp poco x3 ini.

Sensor Lengkap

Jenis sensor yang disematkan pada Poco X3 ini boleh dibilang lengkap ya, diantaranya:

  • Sensor Jarak
  • Sensor Cahaya
  • Akselerometer
  • Giroskop
  • Kompas Elektronik
  • Moto Linear
  • IR Blaster

Dilengkapi Software Edit Foto Yang Keren

Punya kamera yang keren seakan belum cukup bagi Poco X3, hadirnya aplikasi foto editor bawaan pada hp ini, menjadikannya nilai lebih. Karena pengguna bisa menghemat penyimpanan untuk tidak mengunduh aplikasi foto editor pihak ke 3.

aplikasi edit foto poco x3

Untuk fitur nya sendiri sih boleh dibilang tidak kalah dengan aplikasi foto editor jaman now, diantaranya:

  • Percantik
  • Potong
  • Filter
  • Langit
  • Stiker
  • Teks
  • Corat Coret
  • Atur
  • Bingkai
  • Mosaik

Dari beberapa fitur di atas yang saya suka adalah fitur Langit, dimana ketika kita memiliki foto dengan latar belakang langit, fitur ini bisa membuat foto menjadi lebih hidup dan keren. Ini adalah salah satu foto yang menggunakan fitur langit ini, bisa anda bandingkan foto asli dan hasil editan.

 

Harga Terjangkau

Ini sudah jelas banget ya, dengan spesifikasi yang dibawa oleh Poco X3 NFC, dengan harga mulai 3.1jt an jelas lebih murah bila dibanding dengan para pesaingnya. Coba tengok harga Oppo Reno 4 yang nyaris dia angka 5jt, spesifikasi dari kedua smartphone ini hampir sama.

Jadi, anda bisa menghemat hingga 1jt an untuk mendapatkan spek yang keren dari Poco X3 ini. Namun, di sarankan anda membeli yang varian 8/128GB agar lebih puas.

Kekurangan Poco X3 NFC

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk smartphone canggih sekalipun. Disini saya akan coba jabarkan juga beberapa kekurangan Poco X3 NFC yang saya rasakan setelah menggunakannya.

HP Cepat Panas Ketika Bermain Game

Ini terasa banget sih, meskipun saya sudah menggunakan softcase pada Poco X3 ini, rasa panas ketika bermain game masih sangat mengganggu ketika digenggam. Padahal baru 1x bermain game mobile legends juga, sekitar 15 menit.

Kenapa saya katakan panas, karena saya sudah bermain game mobile legends selama lebih dari 3x pada Realme C3, tidak terlalu panas sih menurut saya.

Tapi meskipun begitu, dari segi performa tidak ada penurunan grafis, saya bermain mobile legends dengan setting rata kanan (ultra), semuanya berjalan lancar ko.

NFC terkadang susah terbaca

Masalah ini hanya saya alami ketika menggunakan aplikasi m-BCA, entah kenapa susah sekali membaca kartu flazz. Tapi ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Cek Saldo, NFC berjalan dengan baik ko.

Ini murni yang saya alami langsung, mungkin pada Poco X3 anda tidak mengalami masalah yang sama seperti saya.

Sim card hybrid

Nah, ini juga yang mesti jadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin membeli Poco X3. Jika anda bukan tipe orang yang suka menyimpan banyak file seperti foto dan video, mungkin hybrid ini bukanlah kendala. Tapi bagi anda yang tetap ingin menambahkan memory external, tentunya anda harus rela menggunakan 1 sim card saja.

Solusinya sih simple saja menurut saya, apabila anda ingin menggunakan 2 sim card dan ingin memori yang besar juga, silahkan anda ambil saja Poco X3 varian 8/128 GB.

Ketersediaan Barang Langka

Seperti kita ketahui, Poco X3 ini barang yang susah didapat di awal kemunculannya, karena baru beberapa detik flash sale saja sudah habis saja ini hp. Tapi sekarang ini anda bisa tenang, karena Poco X3 ini sudah banyak tersedia di toko online, baik yang varian 6/64 GB maupun 8/128 GB.

Banyak Bloatware

Mungkin untuk menekan harga dari Poco X3 ini, Xiaomi bekerjasama dengan beberapa pengembang aplikasi. Karena ketika pertama kali menggunakan Poco X3 ini, ada beberapa aplikasi yang tidak saya inginkan terinstall ke dalam smartphone ini.

Namun anda tenang saja, karena semua aplikasi pihak ketiga bisa anda uninstall ko tanpa harus root poco x3 anda.

Google Play Terkadang Error

Entah kenapa dengan unit Poco X3 yang saya dapatkan ini, beberapa kali saya mengalami error ketika membuka aplikasi Google Play. Namun, cukup dengan di clear recent app juga sudah normal lagi. Ini contoh error nya:

google play error

Desain Aneh

Bagi saya pribadi sih tidak ada masalah ya dengan desain dari Poco X3 ini, karena memang yang saya cari adalah performa nya. Namun, bagi sebagian orang menganggap desain belakang dari Poco X3 ini terlihat aneh, yaitu tulisan Poco nya yang gede, dan desain kameranya yang mirip moncong babi, sehingga terlihat tidak keren.

Namun, saya pikir hal ini tergantung selera masing-masing. Toh, kalian juga bisa membeli case yang oke di toko online, sehingga kekurangan pada desain belakang Poco X3 ini bisa tertutupi

Baterai Boros Ketika Mengaktifkan 120Hz

Bagi saya pribadi sih tidak begitu masalahin refresh layar 60Hz maupun 120Hz, karena toh sama-sama enak sih, ini menurut saya sih. Tapi bagi anda yang tetap ingin menggunakan layar 120Hz sebaiknya dipikir-pikir dulu, karena yang saya rasakan baterai agak boros ya.

UI Kurang Oke

Bagi anda yang sama seperti saya, sering menggunakan UI yang slide kanan kiri, pengalaman menggunakan Poco X3 yang UI nya menggunakan Poco Launcher terasa aneh saja, karena slide atas bawah. Mungkin karena belum terbiasa saja sih ini.

Demikianlah sedikit review saya tentang kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC yang bisa anda jadikan acuan ketika ingin membeli nya. Untuk hasil yang lebih maksimal, saya sarankan anda untuk membeli Poco X3 varian 8/128GB.

bobthea Penulis adalah seorang manusia biasa, bukan batman apalagi superman. Seorang yang biasa membuat kesalahan dan dosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *